Friday, July 20, 2012

Manfaat Penting Buah Manggis




manfaat penting buah manggis
Sobat semua, buah manggis termasuk buah yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Seperti buah-buahan lain pada umumnya juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebagai buah yang tergolong jarang, tidak begitu banyak ditemukan disetiap tempat, manfaat buah manggis memang tergolong ampuh, terutama untuk menghadapi penyakit kanker. Bahkan tidak hanya buahnya, kulit buah manggis juga bermanfaat untuk dikonsumsi.
Buah manggis diperkiraan memang berasal dari daerah tropis, khususnya Asia Tenggara. Dan oleh karena itu buah manggis menjadi buah asli dari tanah Nusantara. Jika sobat merujuk ke google translate sendiri, kata manggis hanya dikenal dalam bahasa Melayu dan Inggris. Jika dialihkan ke bahasa lain, akan menjadi bahasa Inggris juga, atau mirip-mirip bahasa Inggris, seperti “mangisboom” (Belanda) dan “mangostan” (Jerman). Dari sini saja, sudah cukup membuktikan memang buah manggis asli dari Nusantara. Sebab, Belanda kan punya buah manggis karena pernah mengambilnya dari Nusatara.

Berikut ini beberapa manfaat penting buah manggis:
  • buah manggis bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan mengobatinya. Kanker payudara, kanker hati, kanker usus, leukemia dan penyakit kanker yang lain. Kandungan xanthone bermanfaat sebagai anti kanker, dan kandungan lainnya yang berfungsi untuk menghancurkan sel kanker.
  • buah manggis juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas, karena ia berfungsi sebagai antioksidan.
  • buah ini juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan xanthone pada buah manggis yang melakukannya, dengan mengikis kolesterol jahat pada dinding tubuh dan pembuluh darah.
  • zat antioksidan pada buah manggis juga berguna untuk menjadikan awet muda atau mencegah penuaan dini (anti aging). Zat tersebut berfungi juga sebagai pembaharu jaringan sel tubuh sehingga akan selalu tampak awet muda.
  • bermanfaat juga untuk menyehatkan mata, kulit dan rambut. Selain itu, buang manggis juga bermanfaat untuk menjaga stamina. Wah, khasiatnya seperti obat kuat juga. Manfaat buah manggis memang powerful, bukan?

Kulit buah manggis juga bermanfaat
Ibarat pohon kelapa yang semua bagiannya bermanfaat, buah manggis juga tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tapi juga kulitnya. Oleh karena itu, jangan lekas dibuang kulitnya. Olah kulit buah manggis untuk dibuat minuman. Cukup potong-potong saja kulitnya kemudian direbus hingga airnya mendidih. Ukuran air dan kulitnya disesuaikan saja, kira 1:2. Satu buah, dua gelas air. Rebus hingga airnya susut sampai setengahnya. Agar tidak aneh rasanya, tambah gula sedikit saja.
Manfaat buah manggis memang sangat baik. Dan meskipun kulitnya juga bermanfaat, tapi sebaiknya jangan keseringan mengonsumsi kulitnya itu. Karena kulit buah manggis mengandung zat yang tidak bisa tercerna oleh tubuh jika pada kadar tinggi, seperti tanin, resin atau serat kasar lainnya. Jadi, jika sobat semua sering mengonsumsi buah manggis dan merasakan manfaatnya, bukan berarti juga keseringan mengonsumsi kulitnya. Jemur saja kulitnya agar bisa dimanfaat di lain hari.



Filled Under:

0 comments:

Post a Comment