Saturday, July 14, 2012

Resep Alami Awet Muda




resep alami awet muda
Semua orang ingin terlihat awet muda. Begitu bukan? Apalagi ketika umur sudah melewati tigapuluhan. Memang, saat remaja kita tidak terlalu memikirkan awet muda pada diri kita. Itu karena saat itu kita masih muda. Tapi, kalau umur sudah jauh melewati itu, kita akan memperhatikan penampakan kulit apakah masih tampak awet muda atau tidak. Apalagi bagi orang yang masih jomblo atau belum nikah. Dan apalagi bagi orang berprofesi sebagai penghibur, seperti artis dan penyanyi. Awet muda sangat diperhitungkan.
Mengapa orang ingin selalu terlihat awet muda ya? Padahal hukum alam sudah menggariskan bahwa semua manusia akan mati dan proses kematian itu salah satunya dengan penuaan. Memang benar demikian, tapi pasti tidak salah jika setiap orang menginginkan selalu tampak awet muda. Pertama, karena kebanyakan orang tidak tertarik kepada orang tampak tua. Kedua, kenyataannya orang yang awet muda itu lebih heroik, cerdas, sehat, mudah bergaul dan berwibawa. Tidak percaya? Amati saja orang-orang dekat kita yang masih tampak awet muda. Kebanyakan memang begitu.

Ini dia rahasia awet muda
Justru disini rahasia dari awet muda. Orang-orang yang awet muda kebanyakan memang cerdas, heroik (selalu tampak semangat), sehat dan berwibawa karena pola hidup yang mereka jalani adalah pola hidup sehat. Tapi tidak setiap orang yang cerdas dan berwibawa itu selalu tampak awet muda. Awet muda selalu berhubungan dengan kulit, atau cashing tubuh. Tentu saja, pola hidup sehat itulah yang mampu mempertahankan kekencangan kulit. Dan pola hidup sehat itulah yang menjadi prose salami untuk tetap awet muda.
Bagaimana pola hidup sehat? Banyak tipsnya. Kita tinggal memilih saja mana yang cocok dan paling kita sukai. Tapi secara umum, pola hidup sehat itu sulit, karena akan selalu berkaitan dengan kadar dan ukuran gizi. Dan itulah mengapa dr. Deby Vinski mengatakan “you are what you eat”, kamu adalah apa yang kamu konsumsi. Dan tidak hanya makanan dan ukuran gizi saja, tapi juga pola aktivitas sehari-hari serta lingkungan.

Makanan
Makanan atau konsumsi sehari-hari untuk tetap awet muda ini memang tidak mudah. Tapi yang jelas, memilih makanan sebaiknya dari segi kandungan nutrisi dan gizinya, bukan rasa, harga atau popularitasnya. Nutrisi dan antioksidan yang tercukupi akan membantu mempertahankan awet muda. Menurut dr. Deby, mengurangi gula, membatasi kalori, mengurangi lemak dan mencukupkan protein, kemudian banyak mengonsumsi buah adalah prinsip yang harus dipertahankan dalam menu makanan agar awet muda.
Orang pedesaan tentu saja lebih mudah mendapatkan buah-buahan segar dan makanan-makanan bernutrisi yang masih fresh. Mereka akan lebih mudah menjalani proses awet muda secara alami dan lebih aman. Suasana pedesaan juga tenang, tidak menumbulkan gejala stres. Tapi, tinggal dikota juga tidak perlu khawatir, mempraktekkan saran dr. Deby sudah cukup membantu. Dan yang terpenting, hindari makanan olahan, dan perbanyakan makan buah bervitamin C dan juga mengonsumsi suplemen anti penuaan. Sayur sup, sayur asem atau sayur bening dan dedaunan segar juga perlu dikonsumsi.

Pola aktivitas
Awet muda juga dipertahankan oleh pola aktivitas sehari-hari. Yang terpenting adalah senang bergerak, heroik dan tidak malas. Anda pernah nonton PAS Mantab dengan bintang tamu Meriam Belina? Disana, Meriam masih tampak awet muda sekali. Masih cantik, segar dan putih. Pola hidup Meriam memang pola hidup sehat. Dia setiap hari menari setidaknya 3 jam atau senam untuk mempertahankan kekuatan otot dan awet muda. Bahkan saat dia tinggal di Canada, kegiatannya hanya menari dan menari. Bukan konser, tapi sebagai bentuk kegiatan sehari-hari.
Meriam Belina juga membatasi aktivitasnya sampai jam 10 malam saja. Dia menghindari lembur atau begadang, karena itulah yang membuat tubuh jadi lelah. Justru begi dia lebih baik memulai aktivitas sebelum subuh, dari pada meneruskannya hingga harus begadang. Artinya, bangun kesiangan itu mudah sekali memicu rasa malas dan dapat melemahkan semangat bergerak. Embah saya juga begitu, sudah berumur 70 tahunan, tapi masih kuat dan tampak semangat. Dia masih sanggup mengayuh sepeda kemanapun dia pergi. Bahkan dia pernah beberapa kali menempuh jarak sekitar 30 kilometer dengan sepedanya di usia tuanya. Sekarang masih hidup dan masih tampak awet muda.

Kesimpulannya
Awet muda bisa dipertahankan dengan pola hidup sehat, mencakup makanan sehat dan pola aktivitas yang baik setiap hari. Yang jelas, menurut dr. Deby, menjalani pola hidup sehat itu harus dengan kenyamanan. Kita harus ikhlas menjalani hidup seperti itu, tidak terpaksa. Jadi, pilihlah pola makan sehat dan pola aktivitas sehat yang paling kita sukai. Agar tidak terpaksa, dan tentunya agar awet muda bisa bertahan dengan baik.



Filled Under:

0 comments:

Post a Comment