Monday, July 16, 2012

Mengetahui Link Rusak Pada Blog



link rusak pada blog
Link rusak pada blog atau broken link memang suka membuat galau para blogger. Termasuk pengalaman saya sendiri. Galau karena link rusak pada blog tersebut membahayakan reputasi blog dan juga menyulitkan karena kita harus mencari-cari letaknya dimana. Bagus kalau link rusak tersebut hanya 3 atau 2 link. Lha kalau sampe puluhan? Wah bisa pusing kita dibuatnya.
Untuk menghindari link rusak pada blog, sebaiknya sobat jangan suka gonta-ganti nama URL blog. Pengguna blog gratisan memang mudah tergoda untuk sering mengganti nama URL atau link alamat blog. Nah untuk menghindari ini, jangan mudah tergiur dengan niche-niche baru. Biasanya, karena bosan dengan satu niche, akhirnya pindah ke niche yang lain. Karena malas membuat blog yang baru lagi, akhirnya menggunakan blog yang lama. Nah disinilah kekeliruannya. Mestinya kalau menemukan niche baru, buat blog baru lagi dan blog yang lama diteruskan, jangan mudah bosan dan menyerah. Nah saat itulah kita pusing dengan perbaikan link.
Saat ada link yang terlewat, jadilah link rusak. Apalagi kalau link rusak tersebut sudah terhapus, tapi masih terekam dalam database. Kita tidak akan menemukannya kecuali dengan konsetrasi dan kesabaran. Jika link tersebut ada dalam sebuah artikel tetapi saat dicek dalam “edit post” link tersebut sudah tidak ada, kita perhatikan dalam kalimat apakah link tersebut tertanam. Jika sudah ketemu, ganti saja link tersebut dengan link yang baru, atau kalimat tersebut dihapus lalu ditulis ulang. Nah, lalu bagaimana menemukan link yang rusak pada blog?

Menemukan dan memperbaiki link yang rusak
Saya mendapatkan triknya dari blog Bloggerbugis. Langkah-langkahnya mudah. Mari kita simak:
  1. Buka www.brokenlinkcheck.com.
  2. Isikan alamat URL blog sobat pada blank kosong. Kemudian klik “find broken links”.
  3. Halaman akan berubah dan ada kotak “security code”. Isi saja sesuai permintaan. Kemudian klik “find broken links now”.
  4. Tunggulah sebentar, lalu dibawahnya muncul sebuah tabel yang memberitahu sobat link mana saja dan berapa jumlahnya yang rusak itu. Klik “scr” yang berkedip-kedip.
  5. Lalu muncul halaman baru yang memperlihatkan script blog sobat. Copy link-link yang tercantum dalam tabel pada nomor 4 tersebut. Lihat halaman yang memperlihatkan script blog sobat, ketik Crtl F, pastekan link tadi dalam kotak pencarian. Sobar akan menemukannya. Perhatikan dimana letak link tersebut persisnya, dan langsung cek di TKP.
Dan sobat akan segera bisa memperbaiki link yang rusak pada blog sobat, atau mengahpusnya. Terserah sobat. Selamat memperbaiki link rusak ya sobat.



Filled Under:

1 comments:

  1. terimakasih gan sudah berbagi caranya, blog saya kalau di cek di webmaster banyak link yang eror

    ReplyDelete