Sunday, April 22, 2012

Keteledoran OVJ dan PAS Mantab




pas mantab opera van java
Tak terasa sudah lebih dari tiga tahun raja lawak Sule, Parto, Andre, Aziz, Nunung dan kawan-kawan bermain di program TV nasional kita. Saya juga masih menggemari show mereka, baik di Opera Van Java maupun trionya PAS Mantab. Terutama ketika saya sedang pusing dan butuh hiburan. Nonton film suka membutuhkan konsentrasi, tapi nonton lawak tidak, jadi lawak mereka pasti saya utamakan untuk soal hiburan.
Saya berbaik sangka, sebagai program yang digemari banyak pemirsa di Indonesia, baik OVJ maupun PAS Mantab masih menjaga kesopanan dan standar melawak yang tidak lebay. Dan karena itu, gaya lawak mereka terus berkembang sedikit demi sedikit. Di forum-forum internet juga sering ada netter yang memberi masukan untuk acara lawak mereka, agar gaya melawak mereka tetap menjaga standar yang baik.
Ya, tapi ada satu lagi perilaku lawakan mereka yang menurut saya perlu diperbaiki. Yaitu ketika dalam satu segmen ada makanan yang jadi properti show. Kadang-kadang salah satu dari Parto, Andre, Sule, Aziz atau Nunung mencicipi makanan atau minuman. Tapi yang sering saya lihat Parto, Sule atau Andre. Makanan yang dicicipi di atas panggung sering dibuat main-main, entah hanya dicicipi sedikit atau yang lebih parah dibuang, padahal belum habis.
Kamu-kamu pasti sering lihat adegan seperti itu kan? Di PAS Mantab juga begitu, kadang makanan suka dibuang atau buat mainan. Ya meski ‘yang penting lucu’ tapi ternyata tanpa mempermainkan makanan atau minuman untuk membuat lucu, mereka tetap bisa lucu. Jadi, memain-mainkan makanan atau minuman bisa dihindari.
Ya, adegan seperti ini saya kira perlu dihindari, mengingat makanan ternyata sangat berarti bagi masyarakat Indonesia. Apalagi di Jakarta sendiri, banyak sekali orang merantau ke sana untuk mencari ‘sesuap nasi’. Saya kira, cuilan makanan atau tetesan air minum yang sering di buat mainan dalam acara lawakan semi bebas itu sangat berarti untuk orang lain.
Apalagi, OVJ dan PAS Mantab sudah sangat memasyarakat, tidak hanya orang dewasa, tapi anak-anak. Tidak hanya orang kaya, tapi orang yang tidak kaya pun sering nonton. Semoga OVJ dan PAS Mantab semakin baik dan semakin bisa bermanfaat untuk pemirsa Indonesia. Apalagi Sule yang sering mengutarakan kalimat-kalimat bijak, itu perlu dipertahankan. Semoga.



Filled Under:

0 comments:

Post a Comment