Thursday, August 29, 2013

Kesalahan Dalam Film Bourne



Film tetralogi The Bourne adalah salah satu film yang sangat saya sukai. Saya berulang-ulang nonton film itu kalau sedang tidak ada film baru. Yang membuat saya tidak bosan adalah karena ide film ini membongkar sisi lain dari program agensi intelijen Amerika Serikat khususnya, dan negara-negara maju pada umumnya. Program ini menjadi salah satu program militerisasi yang bersifat rahasia. Tapi tetap saja ada cerita yang memprihatinkan didalamnya, bahwa agen juga manusia, memiliki nurani, bukan robot atau mesin. Jason Bourne adalah salah satu cerita itu.
Selain itu, aksi-aksi dalam film ini, terutama trilogi pertamanya (1 – 3) tergolong berat dan action sekali. Terutama ketika mobil-mobil itu hancur. Kerumitan cerita, kejutan-kejutan dalam intrik dan permainan strategi juga mengagumkan. Bisa dibilang film ini sudah lebih dari cukup total.
Tapi berkali-kali menonton, lama-lama saya senang mengamati tiap adegan terutama adegan-adegan berat. Dan saya pun menemukan beberapa kesalahan dalam beberapa adegan The Bourne. Saya tidak tahu apakah sudah ada review tentang ini, tapi inilah beberapa kesalahan dalam trilogi Bourne.
Pertama, dalam Bourne 1, kesalahan itu terjadi mulai dari 01:03:24 sampai 01:03:54. Kesalahan itu terjadi berkaitan dengan jas yang dipakai Wambosi dan jendela yang dilewatinya. Lihat screenshot dibawah ini.
Ini kesalahan pertama

Kedua dalam Bourne 2. Saya mendapati ada empat kesalahan yang terjadi dalam adegan-adegannya. Mulai dari 00:18:27 hingga 00:18:39. Silakan amati screenshot dibawah ini.
Saya menemui Kesalahan Dalam Film Bourne
kesalahan kedua

Kemudian kesalahan dari 01:25:43 sampai 01:28:56 terjadi pada bekas tembakan pada jas Jason Bourne dan lukanya. Silakan amati screenshot dibawah ini.
kesalahan ketiga

Kemudian kesalahan dari 01:32:21 sampai 01:32:35 pada mobil yang diserempet oleh agen Rusia untuk menghimpit mobil yang dikendarai oleh Bourne. Silakan lihat screenshot dibawah ini.
kesalahan keempat

Dari menit ke 01:33:12 hingga ke 01:34:17 kesalahan itu terjadi pada perubahan posisi mobil yang dikendarai oleh Bourne dan mobil yang dikendarai oleh agen Rusia. Padahal kedua mobil itu sudah terhenti dan tidak bergerak lagi. amati screeshot di bawah ini.
kesalahan kelima

Ketiga dalam Bourne 3. Kesalahannya terjadi mulai dari 00:57:40 hingga ke sampai ke 00:58:35. Dan kesalahan itu persisnya pada menit ke 00:57:48 di scene itu, Desh tidak ada di tempat yg seharusnya. Dan dimenit 00:58:35 persisnya, skuter yang ditumpangi Desh tiba-tiba ada, dan posisi dua mobil di samping Desh.
kesalahan keenam
Catatan: Ini screenshotnya tidak saya kompres, soalnya kalau dikompres lagi nanti ketika di zoom jadi makin buram. Maklum tool biasa (cengengesan).

Itu tadi beberapa kesalahan yang saya dapati pada film The Bourne dari satu hingga tiga saja, alias The Bourne Identity, The Bourne Supremacy dan The Bourne Ultimatum. Adapun yang The Bourne Legacy saya belum sempat mengamati, karena file yang saya punya masih HDTS. Selain gambarnya kurang jelas, subtitle nya juga tidak ada yang pas. Ceritanya juga tidak semenarik trilogy yang pertama. Barangkali ada pembaca yang mau mengamati dan mereviewnya. Dengan menuliskan beberapa kesalahan dalam film Bourne saya tidak bermaksud apa-apa kecuali karena saya suka film ini, sehingga berulang kali menontonnya.


Filled Under:

1 comments:

  1. kalau menurut saya skuter yang dipakai desh sesudah meledakkan bom itu adalah skuter yang digunakan bourne utk mengikuti desh tadi itu ...

    Menurut saya ..

    ReplyDelete