Tuesday, July 23, 2013

Trik Energi Baterai Ponsel Android Tahan Lama



graet tricks how to set long life of android battery saving
Matthias Kulka Photo. Corbis image
Terkadang menyebalkan ketika sedang asyik sibuk dengan ponsel Android, tiba-tiba baterai sudah low dan harus di charge lagi. Memang sibuk dengan ponsel yang menyediakan banyak fitur dan mudah digunakan selalu menyenangkan. Tetapi seringnya ketika Anda istirahat, ponsel masih dalam keadaan bekerja full. Ini salah satu yang menyebabkan energy baterai terbuang cepat. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda menggunakan trikenergi baterai ponsel Android tahan lama dan anda bisa membawanya lama-lama tanpa khawatir baterai cepat habis.
Pertama, matikan WIFI atau data saat tidak diperlukan. Sebab, ternyata WIFI dan data koneksi menyimpan sekitar 30% energy baterai. Jika baterai mulai berkurang dan hampir habis, segera matikan WIFI dan data koneksi untuk memperpanjang kehidupan ponsel Android anda.
Kedua, segera tutup aplikasi yang sedang dijalankan. Apalagi jika aplikasi tersebut hanya dibuka saja, tapi tidak digunakan. Untuk menutup aplikasi yang sedang aktif, masuk ke pengaturan> aplikasi> jalankan layanan dan langsung tutup layanan yang sedang aktif.
Ketiga, jangan lakukan Sync Data. Bila anda pernah login ke akun Android anda, sebaiknya jangan sync (sinkronisasi) data ke ponsel. Sebab, sync data akan mengurangi masa tahan lamanya baterai, karena sync tersebut akan tetap berjalan di setiap detiknya. Caranya, menuju pengaturan> akun dan off sync atau don’t sync.
Keempat, uninstall aplikasi yang tidak diinginkan atau sebenarnya tidak sering digunakan atau tidak penting. Jelas, karena aplikasi yang menjadi menu penting yang akan selalu digunakan dalam ponsel. Jadi, sebaiknya buang saja aplikasi yang memang tidak penting buat anda. Caranya, menuju pengaturan> aplikasi> kelola aplikasi, dan pilih aplikasi yang akan diuninstall, dan klik uninstall.
Kelima, pindahkan mode menuju airplane mode saat tidak digunakan. Ini anda lakukan misalkan ketika anda sedang rapat, pertemuan penting, tidur atau…malas menggunakan ponsel anda (mungkin terjadi tidak ya?). Karena mode siaga (standby mode) dapat menguras sekita 70% energi baterai ponsel. Tetapi bukan berarti anda harus menggunakan mode airplane ini sepanjang hari dan sepanjang pemakaian, sebab anda harus menerima telepon atau sms atau chat.
Demikian trik agar energi baterai ponselAndroid tahan lama. Cukup mudah untuk dipraktekkan bukan? Kalau membiasakan pengalaman seperti ini tentu akan hafal dengan sendirinya. Jika anda menemukan trik lainnya sesuai pengalaman anda, silakan share di kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat.


Filled Under:

0 comments:

Post a Comment