Thursday, September 6, 2012

Manfaat Serta Khasiat Sirsak



manfaat serta khasiat buah sirsak
Hampir setiap orang desa tahu buah sirsak meski tidak banyak orang tahu manfaat serta khasiat sirsak, buah beserta daun dan pohonnya. Manfaat serta khasiat sirsak bukan hanya karena dia memiliki rasa yang khas serta segar tak terkira apalagi jika dalam keadaan dingin. Tapi manfaat serta khasiat sirsak juga terdapat dalam lingkup kesehatan tubuh. Orang jawa menamai buah sirsak dengan “nangka sabrang”, entahlah kenapa mereka menamainya begitu. Tapi yang jelas buah sirsak sendiri memang khas dari segi rasa juga dagingnya.

Kandungan buah sirsak
Manfaat serta khasiat sirsak pertama-tama bisa diketahui dari kandungan buah sirsak itu sendiri. Menurut banyak data dan laporan, buah sirsak mengandung berbagai macam zat dan kandungan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Beberapa kandungan buah sirsak antara lain adalah karbohidrat yang salah satunya berjenis gula pereduksi atau yang lazim disebut dengan glukosa dan fruktosa sekitar 81,9 sampai 93,6 persen dari kadar kandungan total dalam gula. Ini tentu sangat baik dan bisa dijadikan alternatif dari gula tebu.
Lemak dalam buah sirsak juga sedikit sekali, hanya sekitar 0,3 g/100g. Kandungan asamnya juga termasuk asam organic nonvolatil, asam malat, asam sitrat, asam askorbat dan asam isositrat. Tidak hanya itu, seperti buah yang lain, buah sirsak juga mengandung vitamin C yang cukup besar yang mencapai 20 mg per 100 gram dari daging buahnya. Fosfor dan kalsium yang mencapai 27 dan 14 mg / 100 g juga menjadi kandungan mineral yang cukup besar dalam buah sirsak. Serat pangan yang dikandung juga mencapai 3,3 g / 100 g daging buahnya.

Manfaat buah sirsak serta daunnya
Secara umum, manfaat serta khasiat buah sirsak ini adalah sebagai berikut:
  • Melawan radikal bebas dalalm tubuh, dan membantu mengatasi infeksi dan gangguan pada teluk.
  • Mengurangi rasa sakit dan rasa tak nyaman yang disebabkan oleh sembelit.
  • Dapat membantu mengatasi penyakit ginjal, masalah pada hati, infeksi saluran kemih dan hematuria (darah dalam urin).
  • Bermanfaat juga untuk obat batuk, diare dan gangguang pada pencernaan.
  • Kandungan mineralnya berkhasiat untuk pembentukan massa (volume) tulang. Ini berguna untuk menguatkan tulang kita sehingga tidak mudah terkena osteoporosis (gangguang atau penyakit tulang).
  • Dan menurut penemuan baru, buah sirsak berkhasiat memberikan efek antitumor atau anti kanker. Menurut Health Science Institute (HSI), buah sirsak terbukti secara medis mampu membantu menyembuhkan segala jenis penyakit kanker. Sejak tahun 70 an, sudah dibuktikan bahwa buah sirsak ini mampu membunuh sel kanker yang kuat, dan penelitian tersebut pernah dilakukan dibawah pengawasan The Nasional Cancer Institute.
  • Selain itu, daun buah sirsak bermanfaat untuk dibuat teh daun sirsak. Teh tersebut berguna untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang.
  • Ramuan daun sirsak segar dengan air mawar juga bisa merawat kesehatan kulit agar tidak mudah terkena jerawat dan komedo dengan cara dioleskan pada kulit.
  • Rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk membasmi kutu pada kepala dan hama-hama pada tempat tidur.
  • Adapun kayunya, bisa digunakan untuk kayu bakar setelah tua dian ditebang, atau untuk dibuat suatu alat lain.
Aplikasi buah dan daun sirsak
Manfaat serta khasiat sirsak telah disebutkan diatas dan bisa diaplikasikan dengan mudah. Memang kulitnya agak sedikit kasar karena terdapat pucuk-pucuk duri yang tidak tajam. Tapi akan lebih baik mengaplikasikan buah dan daun sirsak dengan cara sesederhana mungkin dan jauh dari unsur-unsur obat-obatan dan kimiawi yang tidak jelas. Cukup dikonsumsi secara manual, dibuat sebagai juz atau direbus, itu akan lebih baik untuk memaksimalkan manfaat serta khasiat sirsak.

Filled Under:

0 comments:

Post a Comment