Monday, September 3, 2012

Alasan The Bourne Legacy Tanpa Matt Damon




Anda suka Jeremy Renner?
Saat film The Bourne Legacy dirilis, mungkin banyak orang bertanya mengapa sang lakon diganti dengan orang lain. Sementara dalam sekuel sebelumnya dari seri Bourne sang lakon dimainkan oleh Matt Damon, tapi dalam film seri terbarunya, The Bourne Legacy ini, sang lakon dimainkan oleh Jeremy Renner. Dimanakan Matt Damon yang saat itu berperan sebagai Jason Bourne sang agen CIA yang nakal itu? Ada beberapa faktor yang dijelaskan oleh orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film The Bourne Legacy ini. Tapi barangkali faktor-faktor tersebut tidak yang menjadikan The Bourne Legacy sebagai box office sejak pertama dirilis.
Dalam gulfnews.com dijelaskan, bahwa awalnya Matt Damon memutuskan untuk tidak bermain lagi dalam film terakhir dari seri Bourne ini, yaitu dalam The Bourne Legacy. Saat mengetahui hal itu, sang produser, Patrick Crowley merubah sedikit agar cerita tampak ada perbedaan. Yang akhirnya, Jeremy Renner dimasukkan ke dalam film ini sebagai agen Aaron Cross, salah satu agen CIA yang lain. Cerita dalam The Bourne Legacy ini bukan awal cerita atau persambungan dari film sebelumnya, hanya saja dirubah ada sedikit perbedaan.
“Ini bukan pre-quel atau sequel, tapi ini adalah cerita yang sama,” begitu kata Frank Marshall. “Ada miskonsepsi yang membuat Jeremy menggantikan Matt. Itu yang ingin kita jelaskan. Mereka berdua adalah agen yang berbeda. Bourne masih ada (sebenarnya) di sana, dan Aaron Cross (Jeremy Renner) kemudian masuk,” demikian lanjutnya.
Anda suka Matt Damon?

Jika diurutkan menjadi begini, Jason Bourne (Matt Damon) adalah termasuk salah satu dari enam agen CIA yang diprogram atau diciptakan oleh Kolonel Eric Byer (Edward Norton). Saat ia sedang mencari jati dirinya yang sebenarnya, ia sementara menghindari CIA yang sedang mencarinya untuk dibunuh. Pada akhir film The Bourne Ultimatum, Agen Bourne menghindari CIA dan bersembunyi agar tidak tertangkap.
Dalam film The Bourne Legacy ini, Kolonel Eric memutuskan untuk menghancurkan enam agen yang sudah diprogramkan atau diciptakan olehnya. Selain Jason, Cross adalah salah satu dari keenam agen tersebut. Sebenarnya agen Cross tidak dimunculkan dalam novel Ludlum (novel yang menjadi pembuatan film ini), dan baru muncul pada film The Bourne Legacy. Saat penghancuran itulah, agen Cross lolos karena melarikan diri. Dia meminta bantuan kepada seorang ilmuan genetik bernama Shearing Marta agar dia bisa tetap menjadi sempurna sebagaimana saat diprogramkan oleh Kolonel Eric.
Selain karena Matt Damon memutuskan tidak lagi bermain, sang prodeser memandang bahwa secara fisik Renner memang pantas untuk memainkan perannya dalam film ini. Semenjak bermain di film Mission Impossible: Ghost Protocol dan The Avengers, Renner semakin kokoh secara fisik untuk memainkan peran film action. Karena film action memang lebih membutuhkan aksi yang realistis ketimbang efek editing.
Sang produser mengatakan, “fisiknya membuat perbedaan besar bagi kami. Karena itu yang memungkinkan kami untuk menempatkan dia dalam situasi dimana anda bisa melihatnya berkelahi atau melihatnya mengendarai sepeda motor. Dengan orang lain, anda paling tidak harus melakukan layar hijau atau semacam pengganti wajah.”
Sementara aktor The Bourne Legacy sendiri, Renner, senang-senang saja dengan peran seperti ini, peran fisik. Dia tetap bersedia memainkan peran ini. “Saya senang bahwa para arsitek dan pembuat seluruh ini (film seri ini) telah secara cerdik membiarkannya terbuka lebar untuk para penggemar seperti saya sendiri, seraya ingin tahu apa sih yang akan terjadi selanjutnya, kata Renner.



Filled Under:

1 comments: