Tuesday, April 24, 2012

Andai Bintang Bela Diri Asia Berkolaborasi




bintang bela diri asia berkolaborasi
Jackie Chan & Jet Li
Beberapa penggemar Jet Li dan Jackie Chan iseng menanyakan seandainya Jet Li dan Jackie Chan atau bintang-bintang bela diri dunia, seperti Donnie Yen, Jason Statham dan Tony Jaa di adu dalam pertarungan nyata. Meskipun sepertinya tidak mungkin, tapi keisengan itu mungkin saja tumbuh dari rasa rindu mereka kepada aksi bintang-bintang besar ini dalam film baru. Atau mungkin bermain kolaborasi secara lebih lekat lagi.
Kita memang sering melihat Jackie Chan atau Jet Li berkolaborasi dengan bintang-bintang Hollywood, tapi seingat saya, kolaborasi antara mereka berdua dalam satu film baru terjadi satu kali; The Forbiden Kingdom. Itu saja masih kurang lekat dan terasa. Kolaborasi Jet Li dengan Donnie Yen juga pernah dalam film Hero, tapi adegan kung fu mereka hanya sebentar.
Jet Li dengan Jason Statham juga dua kali berkolaborasi dalam film The Expendables 1 dan 2. Ya, saya sendiri tidak mengandaikan mereka di adu dalam perkelahian nyata. Saya hanya kangen dengan kolaborasi mereka dalam film yang lain. Cukup penasaran juga jika Jackie Chan berkolaborasi dengan Donnie Yen atau Jason Statham, atau Van Damme, atau sebaliknya.
Jika dalam film The Forbiden Kingdom saja pertunjukan mereka sudah memukau, atau dalam film Hero yang memperlihatkan penghayatan kung fu dan seni bela dirinya, apalagi dalam kolaborasi lain. Paling tidak itu bisa dijadikan sebagai usaha memajukan perfilman Asia Timur dan Tenggara. Apalagi The Raid Redemption sudah hangat di mancanegara, meski idenya masih kalah jauh dengan film beladiri Cina. Adegan silat Tony Jaa saja dalam Ong Bak sudah memperlihatkan jika bintang-bintang fim bela diri Asia sudah layak untuk dikolaborasikan.
Tapi, kira-kira akankah itu terjadi? Tidak diketahui. Beberapa hari ini Festival Film Internasional Beijing sedang berlangsung. Semoga saja di tahun 2013 mereka akan lebih sering berkolaborasi, meski sepertinya mereka sudah cukup lelah. Kabar Jet Li sendiri jarang muncul akhir-akhir ini, baru-baru ini dikabarkan dia akan bergabung dalam kegiatan sosial gerakan Habitat for Humanity, sebuah gerakan sosial yang tersebar di Asia Timur dan Asia Tenggara yang berencana akan membangung rumah di Cina, India, Indonesia, Filipina dan Thailand secara bersamaan.



Filled Under:

0 comments:

Post a Comment